Rumah Sakit di Pamekasan Sudah Pakai Konsentrator Oksigen

Jumat, 16 Juli 2021 – 11:59 WIB
Rumah Sakit di Pamekasan Sudah Pakai Konsentrator Oksigen - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Rumah sakit di Jawa Timur diimbau menggunakan konsentrator oksigen. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Dardak menganjurkan rumah sakit di provinsi setempat menggunakan konsentrator oksigen sebagai upaya memenuhi kebutuhan oksigen saat ini.

Konsentrator oksigen adalah alat yang dapat mengonversi udara langsung menjadi oksigen medis dengan saturasi di atas 93 persen.

"Alat itu sangat membantu di tengah keterbatasan pasokan oksigen akibat lonjakan kasus COVID-19 belakangan," kata Emil, Kamis (15/7).

Saat kunjungan kerjanya, Wagub Emil pun mengapresiasi sejumlah rumah sakit di Pamekasan yang telah menggunakan konsentrator oksigen dalam menangani pasien COVID-19, di antaranya, RS Moh Noer dan RSUD dr Slamet Martodirdjo.

Dalam kunjungan tersebut, dia melihat alat itu berfungsi dengan baik dan bisa benar-benar menurunkan beban kebutuhan oksigen likuid.

Dia pun mengimbau rumah-rumah sakit di Jawa Timur untuk menggunakan alat tersebut. Sebab, menurut dia, konsentrator oksigen merupakan investasi layak mengingat biaya yang dibutuhkan cukup efisien.

"RSUD milik Pemprov perlu segera menganalisa potensi pemesanan alat itu karena butuh 2,5 bulan untuk diproduksi," tutur dia. (antara/mcr13/jpnn)

Seiring kebutuhan oksigen menjadi kian mendesak, rumah sakit di Jawa Timur didorong untuk menggunakan konsentrator oksigen.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News