Rumah Sakit Lapangan Tembak Surabaya Belum Bisa Beroperasi, Lho Kenapa?

Jumat, 09 Juli 2021 – 21:00 WIB
Rumah Sakit Lapangan Tembak Surabaya Belum Bisa Beroperasi, Lho Kenapa? - JPNN.com Jatim
Ratusan tempat tidur berjejar di Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT) Kota Surabaya untuk digunakan para pasien COVID-19. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT) di Kedung Cowek, Kota Surabaya, Jawa Timur, belum bisa beroperasi untuk penanganan pasien Covid-19 karena menunggu ketersediaan tabung oksigen.

"Rumah Sakit Lapangan Tembak belum terisi karena nunggu tabung oksigennya. Nantinya oksigennya jadi satu," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Jumat (9/7).

Eri menjelaskan ketersediaan tabung oksigen di Rumah Sakit Lapangan Tembak baru selesai pada sabtu (9/7).

"Kalau pemasangannya selesai, Insyaallah akan langsung digunakan (RSLT) itu," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan pasien terkonfirmasi Covid-19 tidak bisa langsung datang ke RSLT menggunakan ambulans, melainkan harus melalui mekanisme rujukan dari puskesmas.

Ketentuan ini diterapkan untuk mempermudah petugas melakukan pelacakan pihak yang melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

"Supaya kami tidak tertinggal untuk tracing. Jadi yang membawa ke sini puskesmas, kalau warga langsung datang pakai ambulans ke sini tidak bisa," katanya.

Selain itu, Febria menjelaskan ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi ketika pasien Covid-19 ingin menjalani perawatan di RSLT, yakni membawa KTP, KK dan hasil tes usap PCR.

"Tergantung dari pasien Covid-19 periksanya (tes usap PCR) di mana. Namun, tetap yang membawa ke sini (RSLT) dari puskesmas agar terdata," kata Febria. (mcr6/antara/jpnn)

Rumah Sakit Lapangan Tembak Surabaya belum bisa beroperasi untuk penanganan pasien Covid-19 karena menunggu ketersediaan tabung oksigen.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News