Nasabah Bank Jatim Segera Ganti Kartu ATM Anda Sebelum 31 Juli 2021

Selasa, 06 Juli 2021 – 23:15 WIB
Nasabah Bank Jatim Segera Ganti Kartu ATM Anda Sebelum 31 Juli 2021 - JPNN.com Jatim
Petugas memperlihatkan katu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di dalam mobil kas keliling yang beroperasi di Balai Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (19/9). Bank Indonesia bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan sejumlah bank melakukan kegiatan pekan penukaran kartu ATM berlogo GPN guna menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi sekaligus mendorong inklusi keuangan Indonesia. Antara /Prasetia Fauzani/mas/18.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bank Jatim mengimbau kepada para nasabah mengganti kartu debet ATM berbasis pita magnetik ke cip paling lambat 31 Juli 2021.

"Penggunaan ATM cip ini juga bertujuan untuk memitigasi risiko dalam pencurian data nasabah dan transaksi (skimming) yang beberapa tahun terakhir marak terjadi di perbankan Indonesia," kata Direktur TI & Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo, Selasa (6/7).

Tonny berharap kepada nasabah untuk segera melakukan penggantian ke kartu ATM cip sebelum batas waktu habis dan tidak bisa digunakan lagi.

Nasabah dimudahkan untuk mengganti kartu ATM ke Bank Jatim dengan membawa KTP, buku tabungan.

"Imbauan ini kami lakukan demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi," katanya.

Sebelumnya, kartu ATM yang disertai kartu debit dengan pita magnetik kerap dinilai rentan kejahatan pencurian data.

Kasus skimming menjadi masalah sistem pembayaran di industri keuangan global. Solusi muncul dengan teknologi cip yang lebih sulit digandakan.

Hal ini sudah diterapkan pada kartu kredit. Namun, penerapan teknologi cip memerlukan biaya investasi yang lebih mahal dibandingkan pita magnetik. (mcr6/antara/jpnn)

Bank Jatim mengimbau kepada para nasabah mengganti kartu debet ATM berbasis pita magnetik ke cip paling lambat 31 Juli 2021.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News