Torehan Pemkot Malang Tangani Sampah di Daerahnya, Lihat

Rabu, 16 Juni 2021 – 10:25 WIB
Torehan Pemkot Malang Tangani Sampah di Daerahnya, Lihat - JPNN.com Jatim
Petugas Bank Sampah (BSM) sebagai mitra Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang saat menyortir sampah plastik untuk didaur ulang di salah satu TPS 3R, Kota Malang. Foto: ANTARA/HO-DLH Kota Malang/VFT

jatim.jpnn.com, MALANG - Pengelolaan sampah di Kota Malang, Jawa Timur yang menerapkan skema tempat pembuangan sementara (TPS) reduce, reuse, and recycle (3R) terbukti berhasil.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Wahyu Setianto menyampaikan saat ini 98,02 persen sampah yang dihasilkan masyarakat di wilayahnya sudah tertangani.

"TPS 3R dengan segala fasilitas penunjangnya, mempermudah masyarakat dalam mengelola sampah," kata Wahyu, Selasa (15/6).

Wahyu menjelaskan TPS 3R merupakan sistem pengolahan sampah menggunakan inovasi teknologi mesin pencacah sampah serta pengayak kompos yang efektif dan efisien.

Kota Malang kini memiliki tiga TPS 3R di Balearjosari, Bandungrejosari, dan Merjosari.

Rencananya akan dibangun satu TPS 3R lagi di kawasan Buring. Namun sekarang masih dalam pembangunan dan berbentuk kelompok swadaya masyarakat (KSM).

Dia mengharapkan dengan keberadaan TPS 3R dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk lebih selektif dalam mengelola sampah.

"Pencemaran lingkungan akibat sampah dapat berkurang, serta melalui pengolahan yang tepat dapat menghasilkan produk bernilai ekonomis," ujar Wahyu.

Pemkot Malang membuktikan keberhasilannya dalam pengelolaan sampah dengan menerapkan skema TPS 3R.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News