203 Pasien Klaster Madura di RSLI Terpapar Varian Baru Corona?

Rabu, 16 Juni 2021 – 08:47 WIB
203 Pasien Klaster Madura di RSLI Terpapar Varian Baru Corona? - JPNN.com Jatim
Sejumlah tenaga kesehatan melakukan tes cepat antigen terhadap para pengendara kendaraan bermotor saat penyekatan di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Selasa (7/6) Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Kota Surabaya, Jawa Timur mencatat jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 dari klaster Madura di tempatnya mencapai 219 orang.

Ketua Pelaksana Relawan Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 (PPKPC) RSLI Radian Jadid menerangkan para pasien tersebut merupakan hasil operasi penyekatan di akses Jembatan Suramadu.

"Terdapat 158 laki-laki dan 61 perempuan," kata Jadid, Selasa (15/6).

Dari jumlah tersebut, terdapat 16 orang yang memiliki CT value pada kisaran 25-35. Sedangkan yang di bawah 25 sebanyak 203 orang.

Untuk mengonfirmasi lebih lanjut dugaan terpapar varian baru corona, sampel CT value kemudian dikirim ke Institute Tropical Disease (ITD) Unair dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI.

"RSLI menerima pasien dari klaster Madura sejak 6 Juni 2021 dan diperkirakan akan terus bertambah," ujar Jadid.

Penanggung Jawab RSLI Surabaya Laksamana TNI dr. I Dewa Gede Nalendra menjelaskan dari klaster Madura terdapat tiga pasien COVID-19 merupakan kasus mutasi varian India atau B1617.2.

Dua dari tiga pasien itu kini dirawat intensif di RSLI Surabaya. Adapun satu orang lainnya di rumah sakit di Bojonegoro. (antara/mc13/jpnn)

RSLI mencatat terdapat 219 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dan 203 di antaranya diduga terpapara varian baru corona.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News