Tes Usap Penumpang Kapal Asal Madura, Bupati: Ketimbang Kebobolan

Rabu, 09 Juni 2021 – 10:23 WIB
Tes Usap Penumpang Kapal Asal Madura, Bupati: Ketimbang Kebobolan - JPNN.com Jatim
Pemkab Situbondo menggelar tes usap antigen untuk warga Madura penumpang kapal yang masuk ke wilayah setempat. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Bupati Situbondo Karna Suswandi tidak ingin wilayahnya terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang sama seperti di Bangkalan, Jawa Timur.

Tiga RSUD pun dikerahkan untuk turut membantu petugas puskesmas melakukan tes usap antigen terhadap penumpang kapal asal Madura di titik-titik penyekatan pelabuhan setempat.

"Saya minta RSUD Asembagus turun dan bantu melakukan tes usap antigen penumpang kapal Pelabuhan Jangkar," kata Karna, Selasa (8/6).

RSUD dr. Abdoer Rahem mendukung Puskesmas Mangaran melaksanakan tes usap antigen di Pelabuhan Kalbut.

RSUD Besuki (wilayah barat) turun langsung melaksanakan tes usap antigen penumpang kapal kayu di Pelabuhan Besuki.

Karna juga menginstruksikan petugas Satpol-PP dan BPBD Situbondo aktif ke tempat-tempat keramaian untuk mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan COVID-19.

"Lebih baik waspada ketimbang nanti kebobolan, akan sulit penanganannya, seperti yang terjadi di Bangkalan dan Kudus," ucap dia.

Satgas COVID-19 Situbondo sebelumnya mewajibkan penumpang kapal feri asal Pulau Madura yang masuk ke wilayah setempat untuk menjalani tes usap antigen.

Pemkab menggelar tes usap antigen terhadap penumpang kapal asal Madura yang masuk Situbondo.
Sumber Antara