Kulit Warga Tulungagung Bolong-Bolong, Diduga Kena Penyakit Ini

Minggu, 06 Juni 2021 – 08:00 WIB
Kulit Warga Tulungagung Bolong-Bolong, Diduga Kena Penyakit Ini - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Sejumlah warga Tulungagung mengalami penyakit kulit yang diduga tertular antraks. Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Sejumlah warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur, dikabarkan terkena antraks.

"Antraks di Pagerwojo, infonya sudah menyebar ke manusia. Ada enam warga terkontaminasi, kulitnya bolong-bolong," kata seorang ASN yang enggan disebutkan identitasnya, Sabtu (5/6).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka pun ditanyai soal isu tersebut. Namun, dia enggan langsung menanggapi.

"Jujur, saya tidak berani berkomentar karena itu ranahnya pimpinan. Jadi, silakan langsung ke Pak Kadin (Kepala Dinas Kesehatan, red) saja," kata Didik.

Dia hanya mengungkapkan memang ada enam warga yang mengalami penyakit kulit yang gejalanya mirip dengan ciri penyakit antraks. "Tetapi kami belum mendapat konfirmasi apakah itu antraks atau bukan," kata dia.

Sebanyak enam warga yang diduga terpapar antraks itu sebelumnya sempat berobat ke Puskesmas Pagerwojo. Semuanya berasal dari Desa Sidomulyo.

Saat datang, diketahui ada sejumlah bagian dari kulit mereka yang melepuh dan seperti membentuk cincin dan tengahnya gosong seperti (warna) arang.

Ciri-ciri tersebut dalam ilmu medis dikenali sebagai gejala penyakit antraks.

Sebanyak enam orang warga Tulungagung mengalami gejala penyakit kulit bolong-bolong, seperti tertular antraks.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News