Jawa Timur Terancam Diterjang Gelombang Laut Tinggi Selama Tiga Hari

Kamis, 27 Mei 2021 – 15:10 WIB
Jawa Timur Terancam Diterjang Gelombang Laut Tinggi Selama Tiga Hari - JPNN.com Jatim
Banjir rob yang terjadi di Jalan Kalimas Baru, Surabaya, Kamis (27/5). Foto: BMKG Kelas II Maritim Tanjung Perak Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas II Maritim Tanjung Perak, Surabaya, mengeluarkan peringatan gelombang tinggi yang diprediksi melanda perairan Jawa Timur pada 27-29 Mei 2021.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Ratih Cintya Dewi menyebut pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dan selatan memiliki kecepatan sekitar 5-25 knot.

"Terpantau di perairan Pulau Simeulue hingga Nias, Kepulauan Babar sampai Aru, Laut Banda, dan Arafuru," jelas Ratih, Kamis (27/5).

Masyarakat yang berada di area pesisir diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Para nelayan juga disarankan memerhatikan resiko sebelum berlayar.

"Para nelayan khususnya kapal tongkang harus hati-hati dengan kecepatan angin yang saat ini sekitar 15 knot," tutur dia.

Ratih lebih lanjut mengatakan bagi kapal fiber untuk menghindari kecepatan angin lebih dari 21 knot karena dapat menimbulkan gelombang laut tinggi.

Adapun wilayah jawa timur kemungkinan bakal diterjang ombak dengan rata-rata setinggi 1,25 hingga 2,5 meter.

"Keberadaan awan kumulonimbus yang luas dan gelap bisa menyebabkan kecepatan angin dan tinggi gelombang bertambah, untuk itu nelayan dan masyarakat pesisir harus waspada," kata Ratih. (mcr12/jpnn)

BMKG Surabaya mengeluarkan peringatan gelombang tinggi yang diprediksi melanda perairan Jawa Timur pada 27-29 Mei 2021.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News