Surabaya Didorong Miliki Badan Riset Daerah Sendiri

Rabu, 26 Mei 2021 – 10:01 WIB
Surabaya Didorong Miliki Badan Riset Daerah Sendiri - JPNN.com Jatim
Ketua Fraksi PSI DPRD Surabaya William Wirakusuma menyampaikan aspirasinya soal pembentukan badan riset dan inovasi daerah (BRID). Foto: ANTARA/HO-Fraksi PSI Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan aspirasinya menyusul wacana penggabungan dan pemekaran dinas OPD di lingkungan Pemkot Surabaya.

Ketua Fraksi PSI DPRD Surabaya William Wirakusuma mendorong dibentuknya Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

Usulan pembentukan badan tersebut menindaklanjuti pendirian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang disahkan oleh Presiden Jokowi pada akhir April lalu melalui Perpres 33 tahun 2021.

"Amanat perpresnya memang paling lambat dua tahun, tetapi saya rasa kalau Surabaya bisa jadi pionir lebih baik, mumpung momennya sedang pembaharuan susunan OPD," ujar William, Selasa (25/5).

Apalagi, menurut dia, BRIDA memiliki tugas strategis yang diharapkan bisa mempercepat perkembangan ilmu pengetahuan di Kota Surabaya.

"Kota maju selalu ditopang dengan badan riset dan inovasi yang kuat," kata anggota Komisi C DPRD Surabaya itu.

Dia berpendapat BRIDA kelak dapat diintegrasikan dengan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah atau bidang penelitian dan pengembangan daerah. (antara/mcr13/jpnn)

Pemkot Surabaya diminta mendirikan badan riset khusus menyusul wacana pemekaran dan penggabungan OPD setempat.
Sumber Antara