alexa

Begini Cara Validasi Data PPDB SMP Surabaya, Jangan Salah!

Rabu, 19 Mei 2021 – 09:00 WIB
 Begini Cara Validasi Data PPDB SMP Surabaya, Jangan Salah! - JPNN.com Jatim
PPDB SMP Surabaya 2021 telah memasuki tahapan awal, yaitu validasi data. Ada langkah-langkah yang perlu dilakukan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP di Surabaya saat ini sudah memasuki tahapan awal, yaitu validasi data siswa yang dijadwalkan sampai 2 Juni nanti.

"Saya mohon para orang tua dan murid memperhatikan supaya tidak salah dalam melakukan pendaftaran," Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo, Selasa (18/5).

Calon peserta didik baru (CPDB) diminta melakukan validasi data pribadinya secara daring.

"Validasi data merupakan langkah pengecekan kebenaran data CPDB. Di dalamnya, juga terdapat penitikan alamat lokasi rumah CPDB," ujar dia.

Dia mengingatkan saat penitikan alamat, pastikan gunakan zoom secara maksimal.

Supomo pun menerangkan langkah-langkah validasi data siswa.

Pertama, CPDB membuka laman ppdb.surabaya.go.id melalui komputer atau ponsel. Diutamakan perangkat yang digunakan memiliki kamera depan.

Kedua, silakan memilih menu validasi data. Di dalam validasi data tersebut berisikan beberapa pilihan.
Kemudian pilih yang sesuai dengan kondisi CPDB, baik itu lulusan tahun 2020 atau 2021; perpindahan tugas (orang tua); paket A; maupun lulusan luar kota.

Ketiga, setelah menemukan opsi yang cocok dengan kondisi CPDB, pilih menu mulai validasi. Pendaftar akan diarahkan mengisi NIK dan tanggal lahir.

Sumber Antara