Pemkot Surabaya Tata Kembali Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel

Kamis, 03 Februari 2022 – 20:08 WIB
Pemkot Surabaya Tata Kembali Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel - JPNN.com Jatim
Ilustrasi kawasan wisata religi Sunan Ampel Surabaya. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM), Surabaya menargetkan tahun ini menyelesaikan penataan jalur pedestrian Jalan Nyamplungan, arah Pegirian. 

"Rencananya akan ditata dari Jalan Ampel Masjid ke arah Wisata Religi Ampel. Kami sesuaikan sama konsepnya," kata Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Surabaya, Adi Gunita, Rabu (2/2). 

Adi mengatakan untuk konsepnya bakal disinergikan dengan Dinas Cipta Karya, terutama dengan penataan Terminal Ampel. 

"Selama ini, banyak sekali yang berkunjung di sekitar kawasan tersebut. Ramai serta jadi destinasi wisata. Kami memperbaiki sarana dan prasarana supaya yang dari luar kota nyaman," bebernya. 

Mengenai anggaran, Adi memaparkan untuk menata bagian trotoar saja mencapai Rp 10 miliar. 

"Jadi, tidak hanya melulu perputaran masalah fisik, melainkan juga nonfisiknya kami lakukan. Misalnya, Sentra PKL bakal ditata kembali supaya lebih menarik daya minat beli wisatawan,” jelasnya. 

Dia berharap semoga ke depan akan memperkuat Surabaya menjadi salah satu wisata religi. Orang akan melihatnya sebagai tempat ikonik dan menjadi objek Kota Pahlawan. Tentunya akan dilakukan restorasi secara bertahap. 

"Kami tata tempat parkirnya, lalu akses masuk yang belum tertata rapi. Bagaimana alur masuk ketika datang dari Terminal Ampel. Tak ketinggalan sentra UMKM juga bakal ditata supaya jadi lebih nyaman,” ucap Adi. (mcr23/jpnn)

SDABM menargetkan penyelesaian penataan jalur pedestrian kawasan wisata Sunan Ampel Surabaya.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News