Istri Munir Kunjungi Makam Novia Widyasari, Sampaikan ini ke Bu Fauzun

Jumat, 28 Januari 2022 – 08:14 WIB
Istri Munir Kunjungi Makam Novia Widyasari, Sampaikan ini ke Bu Fauzun - JPNN.com Jatim
Istri aktivis Munir, Suciwati saat mengunjungi makam Novia Widyasari. Foto: Arsip Tim Advokasi Novia Widyasari

jatim.jpnn.com, MOJOKERTO - Istri mendiang aktivis HAM Munir Said Thalib, yakni Suciwati memberikan dukungan kepada keluarga mendiang Novia Widyasari. Dia pun menemui ibu almarhumah, Fauzun dan mengunjungi makam Novia di Mojokerto.

Novia merupakan seorang mahasiswi yang ditemukan meninggal di samping pusara ayahnya. Dia diduga bunuh diri akibat depresi karena dipaksa aborsi oleh Bprida Randy Hari Sasongko selaku pacarnya.

Pada Rabu (26/1) itu, Suciwati datang tak sendirian, tetapi bersama kedua anaknya, Alif dan Diva. Dalam pertemuan itu, mereka memberikan dukungan kepada ibu Novia memperjuangkan keadilan.

"Semoga proses hukum dapat berjalan secara tuntas, fair, dan adil. Novia dan ibu Fauzun adalah korban yang harus dipenuhi hak-haknya," kata Suciwati.

Salah satu anggota tim kuasa hukum keluarga Novia, Ansorul Huda mengatakan Suciwati menyesalkan tidak adanya penanganan hukum saat pertama kali Novia melaporkan kasus itu ke Propam Polres Pasuruan.

Menurutnya, apabila Polres Pasuruan merespons cepat dan menuntaskan laporan Novia, peristiwa bunuh diri itu kemungkinan tak akan terjadi. 

"Suciwati meyakini yang dilakukan Novia adalah aborsi yang dipaksakan, bukan dilakukan secara sukarela dan dengan persetujuan korban," ujar Ansorul mengutip pernyataan Suciwati.

Ansorul mengatakan ibu Novia berterima kasih telah dikunjungi Suciwati. Dia juga mendoakannya agar mendapat keadilan atas terbunuhnya Munir pada 2004. (mcr12/jpnn)

Istri aktivis Munir, Suciwati mengunjungi makam Novia Widyasari dan memberi dukungan terhadap ibunya

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News