Dishub Surabaya Tambah Lajur Sepeda, Ini Jalan Yang Dipilih

Minggu, 16 Januari 2022 – 11:33 WIB
Dishub Surabaya Tambah Lajur Sepeda, Ini Jalan Yang Dipilih - JPNN.com Jatim
Lajur sepeda yang ada di Jalan Darmo Surabaya. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dua jalan di Kota Surabaya bakal ditambah lajur khusus sepeda angin. Ini tak lepas dari tingginya antusias pengguna kendaraan tersebut di Kota Surabaya.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya, Soesandi Ismawan mengungkapkan penambahan lajur sepeda itu dilakukan di Jalan Kenjeran dan Kedung Cowek. 

Sejauh ini, arus lalu lintas pada dua jalan itu terpantau lancar. Kendaraan yang melintas juga tidak didominasi kendaraan besar, seperti truk atau trailer, meskipun padat.

"Tentunya, itu tidak lepas dari survei lokasi dan kajian. Di samping itu, setiap tahun, kami akan menambah lajur khusus sepeda sebagai salah satu bentuk perlindungan bagi para pesepeda," ujarnya, Sabtu (15/1).

Soesandi menerangkan meskipun termasuk golongan sesama pengguna jalan, sepeda angin mempunyai karakteristik yang berbeda dengan kendaraan bermotor. 

"Lajur sepeda memiliki lebar minimal dua setengah meter, bisa terlindung dan tidak bercampur dengan kendaraan yang lain," jelasnya

Dengan adanya lajur sepeda itu, Soesandi berharap pengguna kendaraan bermotor bisa berhati-hati terhadap pengguna sepeda angin yang melintas di sana.

"Pemerintah Kota Surabaya akan berusaha memfasilitasi itu sebisa mungkin, disesuaikan dengan kondisi geometrik jalan yang ada," terangnya.

Hore, lajur sepeda bakal ditambah di dua jalan Surabaya berikut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News