Janji Jokowi Tangani Pendangkalan di Brondong Mulai Direalisasi

Sabtu, 08 Mei 2021 – 11:00 WIB
Janji Jokowi Tangani Pendangkalan di Brondong Mulai Direalisasi - JPNN.com Jatim
Tim BBWS Bengawan Solo berkoordinasi dengan pemkab setempat masalah penanganan pendangkalan di PPN Brondong, Lamongan. Foto: Antara Jatim/HO Pemkab Lamongan/AM

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Proyek pengerukan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur segera ditenderkan.

Langkah itu sebagai tindak lanjut penanganan yang sebelumnya dijanjikan Presiden Jokowi atas permintaan nelayan setempat ketika berkunjung ke PPN Brondong pada Kamis (6/5).

Kepala Balai Bengawan Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Agus Rudyanto menargetkan pada Agustus 2021 pengerukan di PPN Brondong sudah harus ditenderkan.

BBWS Bengawan Solo pun sudah bertemu langsung Pemkab Lamongan untuk membahas rancangan pengerukan itu.

"Kami menyinkronkan apa saja yang perlu dikerjakan sesuai dengan tanggung jawab BBWS Bengawan Solo," kata Agus di Lamongan, Jumat (7/5).

Agus menyebutkan ada empat aspirasi nelayan Brondong yang disetujui Presiden RI, antara lain, normalisasi Kali Asinan, perpanjangan jeti untuk sedimentasi, dan breakwater.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Lamongan Heruwidi mengatakan pendangkalan kolam di Pelabuhan PPN Brondong mengakibatkan penumpukan sandar perahu saat bongkar muat dan berkurangnya daya tampung parkir.

Dia mengungkapkan pendangkalan kolam tersebut lantaran endapan kiriman dari Kali Asinan, angin timur yang membawa lumpur pasir, serta belum adanya breakwater.

Proyek pengerukan PPN Brondong, Lamongan segera ditenderkan. Itu sebagai tindak lanjut janji Presiden Jokowi sebelumnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News