Pakar Beber Peluang Ridwan Kamil Dongkrak Suara di Jatim Sebagai Cawapres

Minggu, 07 Mei 2023 – 16:22 WIB
Pakar Beber Peluang Ridwan Kamil Dongkrak Suara di Jatim Sebagai Cawapres - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tiga Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan memiliki peluang suara yang sama. Namun, posisi wakilnya sangat menentukan.

Sejauh ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi figur cawapres dengan elektabilitas paling tinggi berdasarkan survei dari Indikator Politik Indonesia dengan angka di atas 20 persen.

Kemudian dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) mendapati elektabilitas RK sebagai cawapres menyentuh 19,5 persen.

Merespons hal tersebut, Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga Suko Widodo menilai RK punya potensi karena memiliki kemampuan komunikasi politik yang baik.

”Kapasitas komunikasi politik itu jarang dimiliki kandidat lain,” kata Suko tertulis, Minggu (7/5).

Suko menyebut RK memiliki beberapa kelebihan lain. Pertama, punya pengaruh kuat di Jawa Barat dan Jakarta. Kedua, RK sangat populer di media sosial sehingga berpengaruh besar terhadap warganet

Nah, khusus di Jatim meski belum memiliki basis massa yang besar, Suko menilai RK punya peluang mendapatkan massa untuk mendongkrak suara dari beberapa sub kultur. 

Kultur tersebut ada Mataraman, Arek, Pendulangan, Madura, dan Osing. Salah satu yang dibutuhkan adalah intensitas bersentuhan dengan masyarakat Jatim.

Pakar Komunikasi Politik Unair Suko Widodo menyebut Ridwan Kamil sebagai pasangan realistis untuk Ganjar dan Prabowo.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News