3 Partai yang Elektabilitasnya Bersaing Ketat di Jatim Versi SRS, Simak

Rabu, 29 Maret 2023 – 21:54 WIB
3 Partai yang Elektabilitasnya Bersaing Ketat di Jatim Versi SRS, Simak - JPNN.com Jatim
Survei SRS terkait elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Foto: Dok. SRS.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak tiga partai politik di Jatim elektabilitasnya bersaing ketat berdasarkan hasil survei dari Surabaya Research Syndicate (SRS).

Peneliti SRS Edwin Abdul menyebut PDI Perjuangan (PDIP) masih berada di peringkat pertama dengan persentase 19,2 persen, disusul PKB 17,3 persen, dan Gerindra 16,8 persen.

"Hasil survei SRS memperlihatkan bahwa PDIP, PKB, dan Gerindra partai papan atas di Jatim yang elektabilitasnya bersaing ketat. Selisihnya sangat tipis, bahkan di bawah margin of error sebesar 2,8 persen," kata Edwin via Zoom, Rabu (29/3).

Dari hasil survei, ketiga partai tersebut relatif punya peluang sama untuk memenangkan Pileg 2024 di Jatim. Selain itu, aman berada di posisi tiga besar. jika tidak ada tsunami politik yang besar.

Edwin menyebut terdapat dua partai yang elektabilitasnya cukup signifikan, salah satunya Gerindra. Pada Pemilu 2019 partai berlambang garuda itu memperoleh suara 11,2 persen dan saat ini elektabilitasnya melesat 16,8 persen atau naik 6,6 persen.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat Gerindra berdampingan dengan PDIP dan PKB di Jatim. Salah satunya faktor Prabowo dalam beberapa waktu terakhir berkunjung ke Jatim bertemu dengan ulama khas Nahdlatul Ulama (NU).

"Faktor kunjungan Prabowo di Jatim sejak akhir Desember 2022-Maret 2023, di mana aktivitasnya menemui ulama NU. Hal itu memberikan citra positif di kalangan masyarakat," jelasnya.

Selain itu, Gerindra memiliki kader yang dekat dengan kalangan ponpes, khususnya Anwar Sadad. Ketua Gerindra Jatim itu selalu hadir mendampingi Prabowo bertemu kiai-kiai NU.

Lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) di Jawa Timur.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News