Pengamat Politik Unesa Sebut Upaya Disharmonisasi TNI Bakal Sia-Sia, Para Jenderal Solid

Kamis, 18 Agustus 2022 – 20:05 WIB
Pengamat Politik Unesa Sebut Upaya Disharmonisasi TNI Bakal Sia-Sia, Para Jenderal Solid - JPNN.com Jatim
Potret kedekatan KASAD, KASAU dan KASAL. Foto: Dok. Januar untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa Dr Moch Mubarok Muharam menyoroti kedekatan KASAD, KASAU, dan KASAL.

Menurut Mubarok kedekatan atau harmonisasi ketiga jenderal tersebut jarang terlihat, tetapi menjadi bukti tidak ada perpecahan di tubuh TNI seperti yang diisukan belakangan ini.

Menurut dia, isu senter disharmonisasi di kubu TNI menjelang Pemilu 2024 tak bisa dilakukan segelintir elit jika melihat pada situasi saat ini.

Berbeda dengan para purnawirawan TNI yang justru banyak pilihan dalam dinamika politik. Akan tetapi, kecil kemungkinan manuver di tubuh TNI dapat dimainkan.

"Kecil kemungkinan isu liar terkait manuver di tubuh TNI dilakukan," ujar Mubarok.

Jika melihat dari tiga jenderal TNI yang sekarang sangat sulit dan tidak semudah itu mengganggu solidaritas dan soliditas para mereka.

"Saya pikir sangat sulit dan tidak mungkin soliditas para jenderal ini terganggu, apalagi jenderal TNI yang aktif saat ini terlihat enggan terjerumus terlalu jauh dalam dunia politik," tuturnya.

Potret hangat kebersamaan pimpinan tiga matra TNI Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana Yudo Margono, dan Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo mencuat ke publik setelah mereka bertiga melaksanakan salat zuhur dan makan bersama.

Pengamat politik dari Unesa menilai upaya disharmonisasi yang dilakukan di TNI bakal sia-sia karena para jenderal dinilai memiliki kesolidan yang tinggi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News