Bayu Airlangga Hengkang dari Demokrat, Pengamat Bilang Partai Ini Cocok Sebagai Pengganti

Senin, 16 Mei 2022 – 10:55 WIB
Bayu Airlangga Hengkang dari Demokrat, Pengamat Bilang Partai Ini Cocok Sebagai Pengganti - JPNN.com Jatim
Calon Ketua Demokrat Jatim Bayu Airlangga. Foto: Dok. Demokrat Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bayu Airlangga masih belum memutuskan ke mana tujuan partai politiknya seusai memutuskan hengkang dari Demokrat Jatim per 21 April 2022.

Hal tersebut mendapat respons dari pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam. Dia menilai Partai Golkar bisa menjadi parpol pilihan Bayu usai mundur dari PD.

"Golkar termasuk partai yang bisa menjadi pilihan Mas Bayu ke depannya dan relatif stabil urusan faksi-faksi lebih cair. kata Surokim tertulis, Senin (16/5).

Menurutnya, menantu Soekarwo itu bakal menjadi rebutan banyak parpol di Jatim. Akan tetapi, Golkar yang menjadi tempat paling pas.

"Semua memungkinkan, namanya juga politik, seni kemungkinan dinamis bisa berubah setiap saat. Secara historikal, Pakde Karwo dekat dengan Golkar," ujarnya.

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) itu menyebut akses Pakde Karwo yang kini menjabat sebagai Wantimpres cukup baik pada lintas partai di Jatim. Bahkan, menjadi senior dan mentor banyak politisi.

Dalam menentukan partai pilihannya, Bayu diyakini melalui petunjuk Pakde Karwo. Dia akan melihat dan menentukan momentum yang pas memilih partai yang bisa memberinya karpet merah dan jaminan posisi di pencalegan atau tiket pilkada.

"Golkar termasuk prospektif dan pengaruh Pakde juga cukup kuat di sana. Saya pikir semua ditimbang-timbang hingga proses pencalegan nanti," lanjutnya.

Pengamat politik dari UTM Surokim Abdussalam menilai Partai Golkar cocok menjadi pengganti Bayu Airlangga berpolitik seusai hengkang dari Demokrat Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News