alexa

Raket Alan Budikusuma dan Minarti Timur Jadi Koleksi Museum Olahraga Surabaya

Minggu, 09 Mei 2021 – 15:00 WIB
 Raket Alan Budikusuma dan Minarti Timur Jadi Koleksi Museum Olahraga Surabaya - JPNN.com Jatim
Raket dan kaus pebulutangkis legendaris Indonesia Alan Budikusuma dan Minarti Timur dipajang di Museum Olahraga Surabaya. Foto: Antara/HO-Humas Pemkot Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ratusan barang bersejarah milik atlet-atlet nasional mengisi koleksi Museum Olahraga Surabaya, Jawa Timur yang baru diresmikan pada Sabtu (8/5).

"Barang-barang bersejarah itu sebagian diperoleh dari para atlet nasional maupun internasional asal Kota Pahlawan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya Antiek Sugiharti, Minggu (9/5).

Disbudpar dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surabaya pun masih terus mengumpulkan barang-barang bersejarah milik para pahlawan Indonesia di bidang olahraga tersebut.

Antiek menjelaskan museum yang terdiri dari dua lantai itu memiliki 235 jenis koleksi. Peninggalan tersebut terbagi menjadi tiga jenis.

Pertama, koleksi historika yang diperoleh dari hasil temuan, hasil ekskavasi, atau bukti materiel bersejarah berjumlah sekitar 169 buah.

Kedua, koleksi heraldika berupa tanda penghargaan/jasa, kepangkatan, lambang atau logo sebanyak 65 buah.

Ketiga koleksi teknologika terkait benda dengan unsur teknologi berjumlah satu buah.

Di antara ratusan koleksi tersebut diketahui terdapat raket dan kaus yang disumbangkan dua legenda bulu tangkis Indonesia, yakni Minarti Timur dan Alan Budikusuma.

Sumber Antara