Dokter Gadungan Susanto Merengek Minta Keringanan Setelah Dituntut 4 Tahun Penjara

Senin, 18 September 2023 – 20:04 WIB
Dokter Gadungan Susanto Merengek Minta Keringanan Setelah Dituntut 4 Tahun Penjara - JPNN.com Jatim
Sidang tuntutan dokter gadungan Susanto di Pengadilan Negeri Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Terdakwa dokter gadungan yang bekerja di salah satu klinik milik PT Pelindo Husada Citra (PHC) Susanto meminta keringanan setelah dirinya dituntut empat tahun penjara.

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya secara online itu, Susanto mengaku terpaksa memalsukan dokumen seorang dokter agar bisa bekerja.

“Mohon keringanan! Saya terpaksa, yang Mulia. Saya ada tanggungan anak dan istri," ujar Susanto, Senin (18/9).

Ketua majelis hakim lantas meminta agar keberatan yang disampaikan Susanto bisa ditulis pada kertas dan disampaikan pada sidang pledoi atau keberatan pada pekan depan.

“Saya beri kesempatan satu minggu untuk menuliskan pembelaan. Kirim ke pengawal tahanan. Senin (25/9), jadwal sidang pledoi,” tutur kepala majelis hakim.

Sebelumnya, JPU menuntut Susanto dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan. Dia kedapatan memalsukan dokumen dan menjadi dokter gadungan.  

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama empat tahun penjara dikurangi masa tahanan dan masa penangkapan," ujar JPU Ugiek Ramantiyo.

Ada lima hal yang memberatkan terdakwa. Pertama, pernah menjadi residivis dalam perkara yang sama, kedua terdakwa tidak menyesali perbuatannya.

Dituntut empat tahun penjara, dokter gadungan Susanto merengek minta keringanan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News