5 Kabupaten di Jatim Alami Suhu Maksimum, Lamongan & Bojonegoro Terpanas

Jumat, 18 Oktober 2024 – 14:32 WIB
5 Kabupaten di Jatim Alami Suhu Maksimum, Lamongan & Bojonegoro Terpanas - JPNN.com Jatim
Suhu maksimum membuat bunga tebebuya di jalan Diponegoro Kota Bojonegoro, berguguran. (ANTARA/M. Yazid)

jatim.jpnn.com, BOJONEGORO - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro Laela Noer Aeny menyebut suhu tertinggi kedua se-Jawa Timur setelah Lamongan adalah daerahnya.

"BMKG Jawa Timur menginformasikan suhu maksimum Kabupaten Bojonegoro nomor 2 Se-Jatim," kata Laela, Jumat (18/10).

Berdasarkan data BMKG Jatim terdapat lima kabupaten dengan suhu maksimum yaitu Lamongan 38,8 celcius, Bojonegoro 37 derajat celcius, Tuban 36,8 derajat celcius, Mojokerto 36,4 derajat celcius, dan Situbondo 36,3 derajat celcius.

Laela menjelaskan terjadinya suhu maksimum tersebut disebabkan karena gerak semu matahari, yakni pada Oktober letak matahari berada tepat di atas kepala atau kulminasi utama sehingga suhu tinggi berpotensi terjadi beberapa hari ke depan.

Laela menuturkan meski Bojonegoro sempat beberapa hari dilanda hujan. Namun, kondisi suhu masih tetap tinggi.

"Selama bulan Oktober ini suhu di Jawa Timur mengalami peningkatan karena faktor alam, bukan karena faktor lingkungan," katanya.

Oleh sebab itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap terjadinya suhu maksimum di Kabupaten Bojonegoro seperti dengan mengonsumsi air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

"Hindari terkena sinar matahari langsung dan tidak usah keluar jika tidak penting. Termasuk tetap menjaga ketahanan tubuh supaya tidak sakit," tuturnya.

Bojonegoro menjadi daerah kedua setelah Lamongan dengan suhu maksimum mencapai 37-38 derajat celcius.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News