DLH Surabaya Selidiki Air Sungai di Simo Gunung Barat Berubah Warna Tosca

Selasa, 11 Juni 2024 – 09:34 WIB
DLH Surabaya Selidiki Air Sungai di Simo Gunung Barat Berubah Warna Tosca - JPNN.com Jatim
Petugas DLH Kota Surabaya melakukan penyisiran dan pengecekan aliran air di kawasan Tol Banyu Urip, pascaperubahan warna air sungai di Simo Gunung Barat, Senin (10/6). ANTARA/Ananto Pradana

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya menyelidiki perubahan warna air sungai di kawasan Simo Gunung Barat yang diduga tercemar pada Senin (10/6).

Kepala DLH Surabaya Dedik Irianto mengatakan petugas telah menyisir kawasan sekitaran sungai hingga ke saluran air di sekitaran kawasan Tol Banyu Urip untuk mengetahui apakah terdapat aktivitas industri rumahan atau pabrik di daerah itu.

"Petugas tadi sudah ke sana melakukan pengecekan, sambil mencari tahu arah airnya ke mana. Hasilnya, kami tidak menemukan adanya usaha apapun yang mengeluarkan limbah hijau di sungai," kata Dedik.

Dari hasil penyisiran itu petugas mendapatkan satu botol air mineral berisi cairan berwarna hijau di tepi saluran air di kawasan tol tersebut.

"Cairan di dalam botolnya cat dan sudah diambil sama teman-teman," ucapnya.

Meski cairan berwarna hijau yang muncul di sungai tersebut tak menimbulkan bau, pihaknya tetap melakukan pengujian lanjutan untuk mengetahui jenis kandungan di dalamnya.

"Meski tidak berbau, tetapi itu belum tentu aman, butuh pengujian lanjutan. Makanya baru dugaan saja," ujar dia.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan pengelola jalan tol tersebut untuk mengecek rekaman pada CCTV hari ini, Selasa (11/6).

DLH Surabaya menyelidiki perubahan warna air sungai di Simo Gunung Barat yang diduga tercemar cat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News