Tak Ikut Pemerintah, Jemaah Tarekat Syattariyah di Magetan Baru Salat Id Hari Ini

Jumat, 12 April 2024 – 23:02 WIB
Tak Ikut Pemerintah, Jemaah Tarekat Syattariyah di Magetan Baru Salat Id Hari Ini - JPNN.com Jatim
Jemaah Tarekat Syattariyah di Desa Tapen Kecamatan Lembeyen Kabupaten Magetan baru saja melaksanakan salat Idul Fitri, Jumat (12/4). Foto: Source JPNN

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Jemaah Tarekat Syattariyah di Desa Tapen, Kecamatan Lembeyen , Magetan baru saja melaksanakan salat Idulfitri, Jumat (12/4).

Pelaksanaan salat Idulfitri yang dilakukan oleh jemaah Tarekat Syattariyah itu berbeda dengan ketetapan pemerintah pada Rabu (10/4) lalu.

Salah satu tokoh Tarekat Syattariyah Jarkasi menjelaskan penetapan 1 Syawal ini sesuai dengan patokan kalender Tarekat Syattariyah yang disebut dengan Jim Awal dan Jim Akhir.

“Setiap satu windu atau delapan tahun sekali, Hari Raya Idulfitri bagi Syattariyah jatuh pada Jumat Wage. Itu sudah menjadi tradisi dan patokan dalam ilmu kalender Syattariyah,” kata Jarkasi.

Bagi mereka, puasa Ramadan wajib dijalankan selama 30 hari penuh sehingga penetapan 1 Syawal jatuh pada hari ini, Jumat (12/4).

“Perayaan Idulfitri yang jatuh pada Jumat ini merupakan hal yang istimewa karena hanya terjadi setiap delapan tahun sekali,” ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk saling menghormati perbedaan waktu pelaksanaan Idulfitri ini.

Menurutnya, perbedaan tersebut merupakan wujud keragaman dan kebebasan dalam memeluk agama Islam.

Jemaah Tarekat Syattariyah di Desa Tapen Kecamatan Lembeyen Kabupaten Magetan baru saja melaksanakan salat Idul Fitri
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News