Arum Sabil Ingatkan Pentingnya Digitalisasi di Sektor Pertanian & Peternakan

Jumat, 08 Maret 2024 – 21:32 WIB
Arum Sabil Ingatkan Pentingnya Digitalisasi di Sektor Pertanian & Peternakan - JPNN.com Jatim
Ketua Pramuka Jatim Arum Sabil mengingatkan pentingnya digitalisasi di sektor pertanian dan peternakan. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Pramuka Jatim Arum Sabil menekankan pentingnya digitalisasi di era saat ini bagi pertanian dan penternakan. Hal itu dia sampaikan saat membuka Rakerda di Surabaya, Jumat (8/3).

“Terkait program kerja 2024, digitalisasi baik itu masalah pangan dan lingkungan hidup ini menjadi program prioritas karena sekarang eranya digital,” kata Arum di Kantor Gubernur Jatim.

Dia menjelaskan monitoring digital tersebut berfungsi mengetahui lebih detail dan mengingat pelaksanaan, pengaplikasian, baik itu irigasi, pemupukan, dan pola tanam yang dilakukan.

“Supaya tersistem dengan baik maka digitalisasi masuk sektor kegiatan Pramuka produktif,” ujarnya.

Dia mencontohkan pentingnya digitalisasi di sektor irigasi dengan memanfaatkan tenaga surya yang terkoneksi lewat smartphone. Hal tersebut dirasa sangat diperlukan sebagai smart farming.

Menurutnya, saat ini sulit mencari buruh tani sehingga digitalisasi diperlukan untuk membantu kinerja mereka. Hal itu harus dipersiapkan karena zaman terus mengalami perkembangan.

“Banyak orang-orang yang tidak bercita-cita menjadi buruh tani, tetapi para petani jangan sampai kesulitan. Kita yang akan bergerak di bidang pertanian, peternakan, perkebunan menjadi terobosan agar menjadi bangsa berdaulat di bidang pangan,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono mengatakan pihaknya berkomitmen berkolaborasi dengan Pramuka dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

Ketua Pramuka Jatim Arum Sabil mengungkap pentingnya digitalisasi di sektor pertanian dan peternakan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News