Libur Panjang, Surabaya & Banyuwangi Jadi Tujuan Favorit

Kamis, 08 Februari 2024 – 15:33 WIB
Libur Panjang, Surabaya & Banyuwangi Jadi Tujuan Favorit - JPNN.com Jatim
Sejumlah penumpang bersiap naik KA Pandanwangi di Stasiun Jember jelang libur Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW pada Selasa (6/2/2024). (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Masyarakat berduyun-duyun memanfaatkan momen libur Isra Mikraj dan Imlek untuk bepergian luar kota. Surabaya dan Banyuwangi rupanya menjadi tempat favorit tujuan para penumpang kereta api untuk di wilayah Daop 9 Jember.

"Tujuan yang paling banyak diminati pelanggan KA ialah Kota Surabaya, sedangkan KA lokal Pandanwangi tujuan paling banyak ke Banyuwangi," kata Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro, Kamis (8/2).

Menurutnya, jumlah penumpang KA yang berangkat pada Kamis dari Daop 9 Jember sebanyak 9.433 orang. Jumlah itu meningkat 36 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, Kamis (1/2), yang hanya memberangkatkan 6.914 penumpang.

"Jumlah penumpang tersebut kemungkinan masih bertambah dan memang terjadi peningkatan selama libur panjang akhir pekan ini yang bertepatan dengan libur Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek," tuturnya.

KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya menjadi salah satu kereta ekonomi paling favorit yang selalu ludes tiketnya saat akhir pekan dan libur panjang karena harganya sangat terjangkau.

Kereta lokal, yakni KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi juga selalu diserbu penumpang karena harga tiketnya sangat terjangkau, yakni Rp8 ribu.

Meskipun terjadi lonjakan penumpang saat libur panjang akhir pekan, KAI Daop 9 Jember tidak menambah kereta dan memaksimalkan rangkaian KA yang sudah ada.

"Tidak ada kereta tambahan untuk libur Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW karena dinilai masih cukup dengan KA reguler yang ada dan beroperasi di wilayah Daop 9 Jember," ucapnya. (antara/faz/jpnn)

Peningkatan jumlah penumpang kereta api di Daop 9 Jember naik 36 persen dibanding pada pekan sebelumnya.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News