Perlunya Teknologi Digital untuk Optimalisasi Hasil Perikanan dan Kelautan di Tuban

Kamis, 01 Februari 2024 – 23:39 WIB
Perlunya Teknologi Digital untuk Optimalisasi Hasil Perikanan dan Kelautan di Tuban - JPNN.com Jatim
Talkshow dan diskusi bertajuk “Bisik-Bisik: Bincang Asik Bicara Politik” yang dikemas dalam program Gerakan Golkar Menangkan Prabowo-Gibran Sekali Putaran (GEMPUR) 08, Kamis (1/2). Foto: Source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pelaku UMKM Bhaktiar menyebutkan teknologi digital diperlukan untuk mengoptimalisasi hasil perikanan dan kelautan di Kabupaten Tuban.

Menurutnya, teknologi digital di sektor perikanan untuk meningkatkan kualitas produksi ikan dan menjamin kelestarian lingkungan.

Hal itu diungkapkan Bhaktiar saat menjadi pembicara kegiatan talkshow dan diskusi bertajuk “Bisik-Bisik: Bincang Asik Bicara Politik” yang dikemas dalam program Gerakan Golkar Menangkan Prabowo-Gibran Sekali Putaran (GEMPUR) 08, Kamis (1/2).

“Pentingnya memperkuat grand design budidaya bahan baku lokal dan mengurangi ketergantungan impor,” kata Bhaktiar.

Dia menilai untuk mencapai tujuan ini, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, nelayan, dan pemangku kepentingan lainnya, serta investasi pada infrastruktur digital, pendidikan, dan pelatihan.

“Optimalisasi nilai tambah hasil laut juga dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat pesisir,” jelasnya.

Sementara itu, Akademisi Universitas Ronggolawe Tunan Rahmaningsih menjelaskan, selain hasil perikanan dan kelautan yang menopang ekonomi masyarakat, UMKM juga menjadi salah satu tumpuan roda perekonomian di Kabupaten Tuban.

Menurutnya, UMKM punya peran yang signifikan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat sehingga membuka lebih banyak lapangan kerja.

Berikut pentingnya sinergitas antar elemen untuk optimalisasi hasil laut dan berdayakan UMKM agar naik kelas
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News