Pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia Kota Batu Tahun Ini Memuaskan

Selasa, 05 Desember 2023 – 16:18 WIB
Pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia Kota Batu Tahun Ini Memuaskan  - JPNN.com Jatim
Arsip foto - Pengendara motor melintas di depan wahana wisata bianglala yang ditutup saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Alun-alun Kota Batu, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

jatim.jpnn.com, BATU - Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023 mencatat indeks pembangunan manusia (IPM) di wilayah Kota Batu tumbuh 1,20 persen dari tahun sebelumnya, yaitu dari 78,13 persen menjadi 79,07 persen.

Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menerangkan pertumbuhan IPM itu menunjukkan adanya indikator perbaikan kualitas hidup masyarakat setempat.

"Status IPM Kota Batu di level Tinggi, menunjukkan capaian pembangunan manusia yang makin berkualitas, baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakat," kata Aries, Selasa (5/12).

Aries menjelaskan pertumbuhan IPM Kota Batu menduduki posisi keempat se-Jawa Timur setelah Pamekasan dengan pertumbuhan IPM 1,40 persen, Lumajang (1,30 persen), dan Situbondo (1,28 persen).

Selai itu, lanjut dia, pertumbuhan IPM Kota Batu merupakan tertinggi dibandingkan pada 2020 hingga 2022, yaitu mencapai 0,85 persen.

Kota Batu juga berada di urutan ke-8 dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur.

Dia mengharapkan pada 2024, status IPM Kota Batu dapat meningkat ke level Sangat Tinggi, yakni di atas 80,00 persen.

Hal itu mengingat IPM sangat berpengaruh pada pertumbuhan sosial ekonomi daerah, terutama peningkatan produktivitas barang dan jasa di masyarakat.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengharapkan pertumbuhan IPM terus berlanjut dan mencapai tingkat Sangat Tinggi pada tahun depan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News