Gres, Transjatim 'Suhita' Balongpanggang-Mojokerto Gratis Sampai Akhir Bulan

Rabu, 18 Oktober 2023 – 23:10 WIB
Gres, Transjatim 'Suhita' Balongpanggang-Mojokerto Gratis Sampai Akhir Bulan - JPNN.com Jatim
Bus Transjatim koridor III dengan rute Mojokerto-Gresik. ANTARA/HO-Suwanto

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ada kabar gembira untuk warga Gresik dan Mojokerto yang sering bolak-balik antara dua kabupaten tersebut.

Bus Transjatim Koridor III dengan rute Balongpanggang Gresik – Mojokerto resmi beroperasi.

Pengoperasian bus Transjatim itu ditandai dengan pemecahan kendi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Wisata Bukit Kayu Putih, Desa Suru, Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Rabu (18/10).

Kepala Dinas Perhubungan Jatim Nyono menjelaskan bus Transjatim Koridor III itu memiliki 20 unit bus dan dua unit bus cadangan.

"Bus Transjatim Koridor III memiliki 40 halte dengan jam operasional pukul 09.00 WIB– 21.00 WIB," katanya.

Selain itu, lanjut dia, armada bus itu memiliki waktu tempuh 60 menit dengan interval 10 – 15 menit.

Layanan tersebut juga menyediakan pembayaran secara tunai dan nontunai.

Bus Tranjatim Koridor III memiliki nama Suhita, akronim dari Sarana Angkutan Umum yang Hebat, Inovatif, Tepat, dan Akurat.

"Bus Transjatim Koridor III ini diharapkan mampu mengurai tingkat kemacetan di wilayah tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan Dinas Perhubungan Jatim mencatat Jawa Timur menjadi urutan pertama dengan volume kendaraan di Indonesia mengalahkan Jakarta.

Tercatat ada 24,27 juta kendaraan bermotor berada di Jatim, mengalahkan Jakarta yang hanya 21,67 juta kendaraan bermotor.

Nyono mengatakan bahwa setelah beroperasinya bus Transjatim Koridor I dan II menjadi latar belakang peresmian bus Transjatim Koridor III.

Nyono juga mengatakan untuk bus Transjatim Koridor III digratiskan mulai 18–31 Oktober 2023. Setelahnya, penumpang akan dikenakan tarif Rp5.000 untuk umum dan Rp2.500 untuk pelajar maupun santri.

"Tujuan pengoperasian bus Transjatim bukan profit-oriented. Kami hanya memberikan kembalian terhadap PAD Jatim sebesar 30 persen. Sementara yang 70 persen itu kami subsidi. Subsidi itu supaya murah dan tepat waktu,” ujarnya.

Nyono melihat bahwa kondisi jalan rute Balongpanggang, Gresik–Mojokerto sudah baik.

"Kondisi jalan tidak masalah sampai sejauh ini. Kami hanya perlu fasilitas keselamatan saja berupa lampu PJU atau warning light, rambu-rambu,” ucapnya. (antara/faz/jpnn)

Bus Transjatim Koridor III rute Balongpanggang Gresik-Mojokerto diklaim tidak profit-oriented. Kok bisa?

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News