FEB UGM Kerja Sama dengan 15 SMK Swasta di Surabaya dalam Penerapan SIDEK-Edu

Jumat, 24 Februari 2023 – 19:39 WIB
FEB UGM Kerja Sama dengan 15 SMK Swasta di Surabaya dalam Penerapan SIDEK-Edu - JPNN.com Jatim
Ketua Tim Aplikasi SIDEK-Edu Sony Warsono (kanan) saat teken MoU bersama 15 SMK Swasta di Surabaya terkait sistem pembelajaran akuntansi secara daring menggunakan SIDEK-Edu. Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) melakukan MoU dengan 15 SMK di Surabaya dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Debit Kredit for Education (SIDEK-Edu) untuk pembelajaran akuntansi.

Ketua Pusat Kajian Akuntansi Pendidikan FEB UGM Arika Artiningsih mengatakan SIDEK-Edu telah disesuaikan dengan cara pembelajaran generasi milenial dengan pemanfaatan teknologi atau secara daring.

"Dengan SIDEK-Edu siswa SMK, khususnya jurusan akutansi bisa meningkatkan kualitas pembelajarannya," kata Arika, Kamis (23/2).

Peningkatan kualitas pembelajaran itu tampak dari pola pembelajaran manual yang biasanya menggunakan kertas, lalu diubah menggunakan aplikasi SIDEK-Edu.

"Kalau misal belajar manual di pembelajaran akuntansi menggunakan kertas. Di aplikasi SIDEK-Edu siswa bisa belajar di mana saja tentang akuntansi dengan menggunakan gadgetnya," tuturnya.

Di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur ruang praktik siswa menjurnal semi otomatis. Artinya, mereka bisa belajar menggunakan logika akuntansi seperti sisi debit dan kredit.

Oleh karena itu, pihaknya menargetkan aplikasi SIDEK-Edu digunakan seluruh SMK di Indonesia agar bisa digunakan sebagai uji kompetansi keahlian atau UKK Akuntansi.

Penggunaan SIDEK-Edu dipelopori oleh SMK Dr Soetomo Surabaya (Smekdors) di Jawa Timur sejak setahun terakhir.

Sebanyak 15 SMK Swasta menjalin kerja sama dengan FEB UGM mengenai sistem pembelajaran secara daring untuk akuntansi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News