DLH Temukan Kantong Darah Bertuliskan HIV di TPS Junok Bangkalan, Milik Siapa?

Kamis, 23 Februari 2023 – 17:01 WIB
DLH Temukan Kantong Darah Bertuliskan HIV di TPS Junok Bangkalan, Milik Siapa? - JPNN.com Jatim
ilustrasi - Kantong darah (Jatim.Antaranews.com)

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) atau limbah medis bertuliskan HIV ditemukan di tempat pembuangan sampah (TPS) Junok, Kecamatan Burneh pada Senin (20/2).

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan Yudistira mengatakan temuan kantong darah bertuliskan HIV itu ditemukan petugas kebersihan saat membuang sampah ke TPS.

"Jumlahnya puluhan dan terbungkus dalam dua kantong plastik. Selain kantong darah, ada juga peralatan donor darah," kata Yudistira, Rabu (22/2).

Temuan tersebut telah diserahkan pihak DLH kepada RSUD Bangkalan. Menurut dia, kantong darah yang dibuang ke TPS itu milik Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

"Saat ini kasus temuan kantong darah yang tertulis HIV dan terdapat label Palang Merah Indonesia tersebut telah diselidiki Polres Bangkalan," ujarnya.

Terpisah, Ketua PMI Bangkalan As’ad Asjari mengakui kantong darah yang dibuang di TPS Junok adalah miliknya.

Pihaknya mengaku teledor atas kejadian itu, yang seharusnya limbah medis dibuang ke tempat khusus.

“Ini kesalahan internal yang terjadi di luar kontrol dan kendali kami. Kami memohon maaf atas kejadian itu dan berjanji segera mengevaluasinya untuk menemukan benang merah persoalan ini,” tuturnya.

Limbah B3 berupa kantong darah bertuliskan HIV ditemukan petugas DLH berserakan di TPS Junok Bangkalan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News