DPRD Persoalkan Rencana Pembukaan Night Zoo KBS, Mengganggu Kehidupan Satwa

Kamis, 02 Februari 2023 – 23:00 WIB
DPRD Persoalkan Rencana Pembukaan Night Zoo KBS, Mengganggu Kehidupan Satwa - JPNN.com Jatim
Foto Arsip - Pengunjung memanfaatkan akhir pekan di Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jalan Setail Nomor 1 Kota Surabaya. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rencana pembukaan program Night Zoo atau kebun binatang malam hari di dalam area Kebun Binatang Surabaya (KBS) dipersoalkan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno.

Menurut dia, kegiatan tersebut bisa mengganggu kenyamanan dan kehidupan satwa. Dia juga khawatir dengan keberlangsungan hidup satwa koleksi milik KBS.

"Sejak awal saya menolak keras. Ini akan sangat mengganggu kenyamanan dan kehidupan satwa karena membuat siklus pola hidup satwa berubah," kata Anas, Kamis (2/2).

Dia menyesalkan rencana Night Zoo yang jalurnya melewati kandang harimau.

"Saat senja, satwa akan bersiap untuk istirahat. Ini jelas, akan sangat mengganggu kenyamanan waktu istirahat satwa. Satwa ini juga butuh istirahat layaknya manusia," ujarnya.

Dia menjelaskan fungsi lain KBS bukan hanya menjadi ikon Surabaya yang terkenal, tetapi sebagai hutan atau paru-paru kota.

"Itu akan mengganggu habitat burung liar yang menjadikan hutan kota KBS sebagai tempat tinggal mereka," kata Anas.

Anas juga memprotes cara PDTS KBS yang dinilai mengabaikan nasib satwa demi menambah penghasilan. Seharusnya hal itu dikaji secara mendalam bersama para ahli terkait dampak panjangnya.

DPRD menilai rencana pembukaan night zoo oleh KBS bisa mengganggu kenyamanan dan kehidupan satwa saat malam hari.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News