Unusa Ciptakan Komik Sebagai Media Pembelajaran Efektif untuk Anak SD

Senin, 30 Januari 2023 – 23:15 WIB
Unusa Ciptakan Komik Sebagai Media Pembelajaran Efektif untuk Anak SD - JPNN.com Jatim
Mahasiwa Unusa Prodi PGSD ciptakan komik sebagai media pembelajaran alternatif untuk anak SD. Foto: Humas Unusa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menampilkan media pembelajaran sekolah dasar melalui komik.

Inovasi itu sebagai salah satu tugas akhir dari mahasiswa yang sedang menempuh suatu mata kuliah yang dikemas dalam acara Nusa Creative Competition (NCC), Minggu (29/1).

Dekan FKIP Unusa Dr. M. Thamrin Hidayat menjelaskan murid sekolah dasar masa kini lebih memahami pelajaran yang menggunakan komik dan tidak mudah bosan karena dikemas melalui berbagai gambar.

"Mereka suka pengetahuan yang konkret karena bukan hanya tulisan saja. Jadi, kami harus bisa menyesuaikan untuk media pembelajaran gambar melalui komik ini," kata Thamrin.

Dia juga mengutarakan pembelajaran dengan menggunakan media tersebut menjadi salah satu hal yang harus dikuasai oleh calon guru SD lantaran masuk dalam materi yang akan ditempuh mahasiswa di Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Namun, mahasiswa Unusa terlebih dahulu harus bisa menguasai dalam media pembelajaran komik ini," ujarnya.

Salah satu mahasiswa PGSD, Marsya Rosyidah menjelaskan media komik itu dibuat berdasarkan dengan pelajaran yang tengah dipelajari di SD dengan sentuhan animasi dari komik membuat siswa lebih memahami pelajaran tersebut.

"Seperti pelajaran toleransi, jadi siswa bisa memahaminya dan langkah apa yang dilakukan untuk.memahami arti toleransi yang memang mudah dipahami oleh media gambar," tuturnya.

Mahasiswa PGSD Unusa membuat komik sebagai media pembelajaran di sekolah, seperti pelajaran toleransi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News