Puluhan Warga Pondok Pesantren Bangkalan Dilatih FK Unusa Dirikan Poskestren

Rabu, 21 Desember 2022 – 20:49 WIB
Puluhan Warga Pondok Pesantren Bangkalan Dilatih FK Unusa Dirikan Poskestren - JPNN.com Jatim
Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (FK Unusa) menginisiasi pendirian Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan. Foto: Humas Unusa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (FK Unusa) menginisiasi pendirian Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan.

Diketuai oleh dr. Hotimah,Ph.D, kegiatan itu diawali dengan pemberian pelatihan dan pemahaman tentang tata kerja dan tata kelola serta pelatihan kader sekaligus penanggung jawab Poskestren.

Menurutnya, sebanyak 50 warga pondok pesantren terlibat sebagai kader dan pengurus.

Mereka telah dilatih dari mulai penanganan awal pasien atau pertolongan dasar hingga perawatan di Poskestren.

"Kami bangga para peserta dan kader mengikuti dengan serius tahapan pelatihan, sehingga kami yakin Poskestren ini kedepannya dapat berjalan dengan baik," ujar dr Hotimah, Selasa (20/12).

Dia meyakini peresmian Poskestren yang dihadiri oleh Muspika setempat itu menjadi salah satu bukti kehadiran Unusa dalam dalam memenuhi kebutuhan layanan kesehatan warga pondok serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutan peresmian Poskestren, Perwakilan Pengasuh Pondok Pesantren. Anang Sudarto sangat berterima kasih ke Unusa yang telah menginisiasi pendirian Poskestren di pondoknya.

"Selama ini, jika ada santri yang mendadak sakit, kami tergopoh-gopoh membawanya ke puskesmas yang letaknya relatif jauh. Jika sakitnya siang hari tidak masalah, tetapi kalau malam hari, kami kesulitan," kata Anang.

FK Unusa menginisiasi pendirian Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News