Sekolah di Situbondo Jangan Main-Main, Jika Ada yang Menahan Ijazah Siswa Siap-Siap Saja

Rabu, 16 November 2022 – 17:01 WIB
Sekolah di Situbondo Jangan Main-Main, Jika Ada yang Menahan Ijazah Siswa Siap-Siap Saja - JPNN.com Jatim
Kepala Kejaksaan Negeri Situbondo Nauli Rachim Siregar menyaksikan langsung penyerahan ijazah siswa yang ditahan di SMKN 1 Panji. Senin (14/11/2022) (ANTARA/Novi H)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Kepala Kejaksaan Negeri Situbondo Nauli Rachim Siregar menyatakan akan menindak tegas sesuai hukum bagi sekolah yang mempersulit dan menahan ijazah siswanya ketika sudah memenuhi syarat kelulusan.

Pernyataan tersebut disampaikan Nauli seusai menyaksikan penyerahan ijazah kepada ratusan siswa di SMKN 1 Panji Situbondo beberapa waktu lalu.

Nalu mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dan temuan ratusan ijazah siswa SMA/SMK yang ditahan pihak sekolah dengan alasan tak memenuhi syarat administrasi, salah satunya tunggakan uang sekolah.

“Jadi, saya ingatkan ijazah tidak ada kaitannya dengan syarat administratif yang dibuat sekolah. Sepanjang siswa lulus sesuai dengan kategori yang ditentukan maka dokumen negara itu harus diserahkan,” kata Nauli beberapa waktu lalu.

Dia menginginkan tidak ada temuan atau mendengar sekolah yang menahan ijazah siswanya yang dinyatakan lulus.

Apabila masih menemukan hal tersebut maka kejaksaan tidak akan segan melakukan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Mulai hari ini tidak ada penahanan ijazah lagi, jika masih ada masyarakat atau orang tua siswa yang mengeluh karena ijazah anaknya ditahan maka kami akan memberi sanksi tegas," tuturnya.

Nauli berharap dunia pendidikan menjadi lebih baik sehingga target pemerintah untuk mewujudkan generasi emas bangsa di tahun 2024 bisa tercapai.

Kejari Situbondo mengingatkan kepada sekolah SMA/SMK agar tak menahan ijazah siswa karena akan ditindak tegas.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News