BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem 4-10 November 2022, Wilayah Berikut Waspada

Sabtu, 05 November 2022 – 11:32 WIB
BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem 4-10 November 2022, Wilayah Berikut Waspada - JPNN.com Jatim
Ilustrasi bencana hidrometeorologi terkait perkembangan dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur. Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menyampaikan kewaspadaan potensi cuaca ekstrem di wilayah Jawa Timur dalam kurun waktu sepekan, atau mulai 4-10 November 2022.

Kepala Stasiun BMKG Juanda Taufiq Hermawan dalam keterangan persnya mengatakan berdasarkan analisis kondisi iklim wilayah Jatim saat ini berada pada musim hujan.

Adapun kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jatim masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah.

"Dari hasil analisis menunjukkan adanya pola konvergensi serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan," kata Taufiq, Sabtu (5/11).

Aktifnya fenomena gelombang atmosfer Equatorial Rossby dan suhu permukaan laut di perairan Jatim masih hangat dengan anomali antara +0.5 s/d +2.5 derajat celsius.

"Hal itu membuat suplai air makin banyak di atmosfer. Kondisi itu memengaruhi pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang makin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung dan hujan es," jelasnya.

Taufiq memberikan peringatan untuk wilayah yang harus waspada berpotensi mengalami cuaca ekstrem yang mengakibatkan bencana hidrometeorologi

"Bencana tersebut berupa genangan, banjir, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi," tuturnya.

Selama satu pekan, yakni 4-10 November berpotensi terjadi cuaca ekstrem yang mengakibatkan bencana hidrometeorologi di wilayah berikut, harap wasapda.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News