Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua Jika Anak Mengalami Demam

Sabtu, 22 Oktober 2022 – 11:32 WIB
Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua Jika Anak Mengalami Demam - JPNN.com Jatim
Konferensi pers terkait kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) di Kantor Dinkes Jatim. Foto : Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Kesehatan mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tidak menggunakan sirup sebagai obat untuk menurunkan demam pada anak.

Hal itu sebagai langkah pencegahan peningkatan kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA).

Dokter spesialis anak di RS Premiere Surabaya dr Risky Vitria Prasetyo mengatakan apabila anak mengalami demam, hal pertama yang dilakukan mengompresnya dengan air ke seluruh bagian tubuhnya.

“Kalau demam dikompres dulu dengan air biasa. Dipastikan kompresinya dilakukan secara menyeluruh. Di leher, ketiak, badan dada perut,” kata dr Kiki sapaan akrabnya saat konferensi pers di Kantor Dinas Kesehatan Jatim, Jumat (21/10).

Hal itu bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh. Mengompres juga sebagai salah satu cara yang kerap digunakan rumah sakit ketika mendapati pasien memiliki suhu ekstrem.

“Setelah dikompres dicek suhu tubuhnya dengan menggunakan termometer. Dikatakan demam jika suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius,” ujarnya.

Dia menceritakan banyak orang tua yang datang ke rumah sakit mengeluhkan anaknya demam, tetapi setelah diperiksa suhunya masih 37 derajat celcius.

“Makanya orang tua harus punya termometer. Ketika demam tidak bisa turun setelah dikompres segera diperiksa ke dokter,” tuturnya.

Orang tua diminta untuk melakukan hal ini jika anak terkena demam.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News