Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Polrestabes Surabaya Bakal Buat SOP Kegiatan Berskala Besar

Senin, 10 Oktober 2022 – 15:57 WIB
Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Polrestabes Surabaya Bakal Buat SOP Kegiatan Berskala Besar - JPNN.com Jatim
Polrestabes Surabaya bakal membuat SOP kegiatan masyarakat berskala besar guna mencegah kejadian seperti tragedi Kanjuruhan terjadi di Kota Pahlawan. Foto/Ilustrasi: Antara/Ari Bowo Sucipto/pras

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polrestabes Surabaya menentukan standar operasional prosedur (SOP) yang harus dipenuhi saat pelaksanaan kegiatan masyarakat berskala besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Humas Polrestabes Surabaya Kompol Muchamad Fakih, Senin (10/10).

Dia mengatakan Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan tidak ingin tragedi Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, yang menelan ratusan korban jiwa, terjadi di Kota Pahlawan.

"Pak Kapolrestabes Surabaya menyampaikan perlu adanya SOP yang harus dipenuhi oleh penyelenggara acara sebelum mengadakan kegiatan yang mengundang massa dalam jumlah besar," kata Fakih.

Menurut dia, SOP tersebut salah satunya menekankan faktor keamanan dan keselamatan sebagai prasyarat utama.

Untuk itu, Fakih menegaskan penyelenggara harus menyediakan tempat maksimal 75 persen dari kapasitas yang tersedia di lokasi acara.

Selain itu, lanjut dia, penyelenggara wajib menyiapkan jalur evakuasi yang harus diumumkan sebelum acara dimulai.

Dengan begitu, masyarakat mengetahui ke mana arah yang dituju apabila terjadi situasi kontijensi atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Sejumlah poin penting perlu dipenuhi oleh penyelenggara kegiatan masyarakat berskala besar di Surabaya guna mencegah terjadi kejadian seperti tragedi Kanjuruhan
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News