UB Malang Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Surya Paloh, Apa Pertimbangannya?

Senin, 25 Juli 2022 – 14:57 WIB
UB Malang Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Surya Paloh, Apa Pertimbangannya? - JPNN.com Jatim
Surya Paloh dan akademisi FISIP UB Malang ketika menemui pers pada Senin, (25/7). Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) Malang menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa di bidang sosiologi politik kepada Surya Paloh, Senin (25/7).

Dekan FISIP UB Malang Dr. Sholih Muadi menjelaskan pemberian gelar Doktor Honoris Causa (H.C) kepada Ketum NasDem itu sudah dipertimbangan dengan matang.

Orang nomor satu di FISIP UB tersebut menjabarkan ada empat pertimbangan pemberian gelar H.C kepada Surya Paloh.

Pertama, Surya Paloh merupakan tokoh yang telah berpengalaman di dunia pers dan media. Menurut UB, Surya Paloh telah terbukti berjasa dan berperan aktif dalam meneguhkan demokratisasi di Indonesia melalui inovasi di bidang pers dan media.

“Tindakannya ini mampu mendorong diseminasi informasi publik secara inklusif sehingga memungkinkan hadirnya ruang publik yang lebih egaliter bagi masyarakat luas,” kata Sholih.

Kedua, Surya Paloh telah berjasa mendorong iklim politik kebangsaan yang lebih berintegritas. Surya Paloh memperkenalkan gagasan restorasi Indonesia dan tradisi baru, yakni politik tanpa mahar.

"Komitmennya terhadap sikap antikorupsi dan antipolitik uang telah dibuktikan melalui serangkaian kebijakan Partai Nasional Demokrat yang relevan dengan semangat pemberantasan korupsi,” ucapnya.

Pertimbangan selanjutnya, yakni membuktikan dedikasinya di bidang kemanusiaan dan budaya yang ditunjukkan melalui misi penyelamatan WNI yang disandera kelompok militan di Filipina.

Universitas Brawijaya (UB) Malang menganugerahkan gelar doktor honoris causa kepada Surya Paloh, Senin (25/7).
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News