Masyarakat Surabaya Jangan Buang Sisa Sembelihan Kurban di Sungai, Awas Saja

Sabtu, 09 Juli 2022 – 20:37 WIB
Masyarakat Surabaya Jangan Buang Sisa Sembelihan Kurban di Sungai, Awas Saja - JPNN.com Jatim
Plt BPBD Surabaya Ridwan Mubarun. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya akan mengawasi masyarakat yang membuang sisa pemotongan hewan kurban ke sungai selama Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah.

Plt BPBD Surabaya Ridwan Mubarun mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk patroli ke sungai-sungai yang ada di Kota Pahlawan.

"Tujuannya untuk mencegah pencemaran sungai yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan air dan kesehatan," kata Ridwan, Sabtu (9/7).

Para petugas nantinya berkeliling dan menelusuri sungai yang kemungkinan dijadikan sebagai tempat pembuangan kotoran atau tulang hewan kurban.

"Kami akan patroli selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu, tanggal 9-10 Juli 2022, sudah menyiapkan tiga unit untuk menyusuri sungai," jelas Mantan Camat Tambaksari itu.

Sungai yang dilakukan pengawasan, yaitu Sungai Warugunung hingga Karah. Kemudian sepanjang Sungai Jagir ke timur, Sungai Kalimas dan Kali Lamong.

“Kami berharap masyarakat tidak membuang sisa penyembilah di sungai, melainkan di TPS terdekat,” tandas Ridwan. (mcr23/jpnn)

Masyarakat Surabaya diimbau tidak membuang sisa sembelihan hewan kurban di sungai melainkan di TPS terdekat, catat baik-baik.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News