Selama 5 Bulan Sedikitnya Terjadi 216 Kebakaran di Surabaya, Lihat Datanya!

Selasa, 07 Juni 2022 – 22:23 WIB
Selama 5 Bulan Sedikitnya Terjadi 216 Kebakaran di Surabaya, Lihat Datanya! - JPNN.com Jatim
Pelatihan pemadaman api. Foto: Diskominfo Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya mencatat sejak Januari hingga Mei 2022 terdapat 216 kejadian kebakaran yang telah dipadamkan.

Kepala DPKP Kota Surabaya Dedik Irianto memerinci kejadian kebakaran pada Januari terdapat 41 kejadian, Februari 38 kejadian, Maret 48 kejadian, 61 kejadian pada April, dan 28 kejadian pada Mei 2022.

"Kejadian kebakaran tersebut meliputi bangunan rumah, bangunan industri, bagunan umum, alang-alang, sampah, R2, R4, api di lahan terbuka, listrik, dan api mekanik," ujar Dedik, Selasa (7/6).

Menurutnya, kejadian pada permukiman penduduk hanya 28 persen yang didominasi oleh korsleting listrik dan kebakaran pada kendaraan sebanyak 10 persen.

"Peran dari Kader Surabaya Hebat melalui program Madagaskar, masyarakat dan Keluarga Siaga Kebakaran, telah dilatih mengenai pencegahan dan penanganan kejadian kebakaran,” kata dia.

Di sisi lain, lanjut Dedik, dominasi kebakaran pada lima bulan terakhir justru terjadi pada lahan terbuka sebesar 62 persen.

Hal itu diakibatkan oleh limbah tumpukan sampah yang mengandung gas metana dan bisa memicu munculnya api serta menimbulkan kebakaran.

"Selain itu, cuaca panas juga bisa menyebabkan munculnya api pada gesekan ranting pohon. Serta, masyarakat yang suka membuang puntung rokok sembarangan," paparnya.

Sejak Januari-Mei sudah ada 216 kebakaran di Kota Surabaya. Sebanyak 62 persen terjadi di lahan terbuka
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News