Prihatin Sungai Brantas Tercemar, Common Seas Kenalkan Popok Pakai Ulang

Selasa, 23 November 2021 – 10:10 WIB
Prihatin Sungai Brantas Tercemar, Common Seas Kenalkan Popok Pakai Ulang - JPNN.com Jatim
Seorang ibu membawa popok pakai ulang buatan common seas(Foto: Dok. Common Seas)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Organisasi pemerhati lingkungan, Common Seas menyebut Sungai Brantas menjadi salah satu dari 20 sungai yang tercemar di dunia.

Hal itu dikarenakan banyaknya sampah plastik di sana. Adapun, 50 persen sampah plastik tersebut berasal dari popok sekali pakai.

Common Seas mencatat ada sekitar 1,5 juta sampah popok sekali pakai dibuang di Sungai Brantas. Perkiraan itu didapat berdasarkan perhitungan di sekitar sungai terdapat 750 ribu bayi yang tinggal.

Chief Operating Officer (COO) Common Seas, Celia Siura mengutarakan berangkat dari informasi itu, pihaknya kemudian berinisiatif menciptakan popok yang bisa dipakai ulang.

"Popok pakai ulang ini untuk mengurangi masalah sampah pada masyarakat. Dengan begitu, bisa meminimalisasi sampah popok di Sungai Brantas," ujarnya, Senin (22/11).

Produk tersebut pun disambut antusias oleh masyarakat dan sudah diterapkan dengan baik.

"Ketika ada 20 ribu warga saja yang memakai produk kami maka sudah mencegah 29,2 juta sampah popok yang masuk ke sungai. Popok pakai ulang sangat baik juga bagi kesehatan bayi," ungkapnya.

Selain itu, kata Celia, para ibu dapat menghemat uang pula. Sebab, bila menggunakan popok sekali pakai, mereka setidaknya Rp 20 ribu dalam sehari.

Popok pakai ulang dari Common Seas diharapkan menjadi solusi untuk mengurangi sampah plastik di sungai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News