Kelompok Usaha Asal Kediri ini Ciptakan Biskuit Sehat untuk Ternak Kelinci

Rabu, 29 September 2021 – 10:55 WIB
Kelompok Usaha Asal Kediri ini Ciptakan Biskuit Sehat untuk Ternak Kelinci - JPNN.com Jatim
Peternak memberikan pakan berupa biskuit khusus yang merupakan pakan pada ternak kelincinya di Kediri, Jawa Timur. ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Sumber Rejeki, Kelurahan Ngronggo Kota Kediri, menciptakan biskuit biosuplemen untuk ternak kelinci.

Pakan tersebut terbuat dari bahan organik sehingga selain praktis juga menjadikan ternak lebih sehat dan mampu mengangkat nilai jual dari kelinci.

Ketua Kelompok Ternak Sumber Rejeki Kelurahan Ngronggo Edi Santosa di Kediri, Selasa (28/9), mengatakan biskuit biosuplemen itu sangat cocok untuk budi daya kelinci di lingkungan perkotaan seperti di Kota Kediri.

"Dengan biskuit itu, beternak kelinci di Kota Kediri semakin efisien. Juga kualitas ternak tetap terjaga," jelasnya.

Menurut Edi, biskuit tersebut juga bisa disimpan untuk stok makanan ternak. Jadi asupan kelinci tetap tercukupi sehingga kelinci selalu sehat dan kualitasnya bagus.

"Dari situ nilai jual ternak juga bagus, bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu per ekornya," beber Edi.

Mengenai bahan biskuit, Edi memaparkan pakan tersebut terbuat dari bahan-bahan alami seperti daun bambu, daun jati yang kering, bekatul, kron serta molasis.

"Semua bahan-bahan itu mudah dicari, utamanya di pasar. Sayur-sayur bekas sortir bisa kami manfaatkan untuk membuat biskuit kelinci ini," ujar Edi.

Kelompok Usaha asal Kota Kediri menciptakan biskuit biosuplemen untuk ternak kelinci agar lebih sehat dan nilai jualnya bertambah..
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News