Asrama Anak Yatim Piatu Covid-19 di Surabaya Sudah Disiapkan

Selasa, 14 September 2021 – 13:43 WIB
Asrama Anak Yatim Piatu Covid-19 di Surabaya Sudah Disiapkan - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memeluk salah seorang anak perempuan yang ditinggal orang tuanya karena COVID-19 di Kota Surabaya, Sabtu (21/8/2021). Foto: Antara/HO-Humas Pemkot Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya mulai merealisasikan rencana membangun asrama untuk anak-anak yatim piatu korban Covid-19.

Bangunan asrama tersebut bahkan sudah ada, yakni bekas kantor organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya yang tidak terpakai lagi.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Selasa, menjelaskan pihaknya sudah mempersiapkan kantor-kantor tersebut agar bisa ditempati.

"Kami sedang melakukan pendataan kepada para anak yang bakal menghuni asrama itu," katanya.

Namun, kata Eri, pemkot tidak akan memaksa anak-anak itu harus tinggal di asrama.

"Kami akan menawarkannya, kalau mereka bersedia mereka akan tinggal di asrama. Tetapi kalau tidak, pemkot tetap akan jami hak-hak anakanak itu seperti pendidikan sampai perguruan tinggi nantinya," papar Eri.

Sebelumnya, dari data pemkot ada 1.400 keluarga yang meninggal karena Covid-19. Sebanyak 600-an keluarga sudah disurvei Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Surabaya.

Sementara sisanya belum terdata. Hingga saat ini pemkot masih terus melakukan pendataan.(antara/mcr17/jpnn)

Sumber Antara