3 Ekor Lumba-Lumba Electra Terdampar di Pantai Tulungagung, Kemarinnya...

Minggu, 05 September 2021 – 23:50 WIB
3 Ekor Lumba-Lumba Electra Terdampar di Pantai Tulungagung, Kemarinnya... - JPNN.com Jatim
Sukarelawan berupaya menyelamatkan lumba-lumba electra yang terdampar di Pantai Sidem, Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (5/9/2021). (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Masyarakat di sekitar Pantai Sidem, Tulungagung, Jawa Timur mendapati tiga ekor lumba-lumba electra yang lebih dikenal dengan sebutan paus kepala melon (Peponocephala electra) terdampar, Minggu (5/9).

"Lumba-lumba diketahui terdampar sekitar pukul 06.30 WIB," kata Penjaga Pantai Sidem, Yanto Eses.

Dua dari tiga ekor lumba-lumba itu berhasil didorong kembali ke perairan dalam oleh penjaga pantai bersama warga sekitar juga wisatawan sekitar pukul 13.30 WIB.

Sedang satu lainnya masih terdampar dalam kondisi lemah hingga Minggu malam.

Sejumlah sukarelawan pecinta satwa yang datang kemudian berusaha menjaga posisi badan tegak dengan kepala menghadap laut agar hidung tetap berada di dalam air.

Mereka juga mendorong satwa yang dilindungi itu agar berenang kembali ke tengah.

Sebenarnya upaya penyelamatan lumba-lumba yang terakhir sempat berhasil. Namun, hewan yang habitat aslinya di perairan Jepang itu kembali terseret arus air pasang, sehingga terdampar lagi ke pantai dangkal.

"Mungkin tenaganya sudah habis," kata Yanto. Lumba-lumba itu tampak sudah lemas. Berkali-kali didorong ke tengah, kembali lagi ke tepian.

Tiga ekor lumba-lumba electra atau yang lebih dikenal dengan sebutan paus kepala melon ditemukan terdampar di Pantai Sidem, Tulungagung.
Sumber Antara