Hari Itu Juga, Beras Berkutu untuk Bansos di Bangkalan Langsung Diganti

Jumat, 06 Agustus 2021 – 15:09 WIB
Hari Itu Juga, Beras Berkutu untuk Bansos di Bangkalan Langsung Diganti - JPNN.com Jatim
Wakil Gubernur Jatim saat meninjau beras berkutu di Bangkalan. (Humas Jatim)

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) menyampaikan bantuan sosial (bansos) beras berkutu di Bangkalan, Jawa Timur telah diganti.

"Beras langsung diganti yang baru pada hari itu juga, Rabu (4/8) sore," kata TKSK Bangkalan, Siti Fatimah, Jumat (6/8).

Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung menginstruksikan pihaknya merespons dan memastikan bansos untuk masyarakat terdampak pandemi di daerah tersalurkan dengan baik, tepat sasaran, dan berkualitas.

Kemensos pun berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan terkait dengan temuan bansos beras berkutu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan, Wibagio Suharta bersama TKSK dan pendamping PKH langsung menyelesaikan proses penggantian beras tersebut.

"Beras lama langsung diangkut, bersamaan dengan penurunan beras pengganti. Ada dua truk, satu truk tanpa muatan dan truk lainnya membawa beras pengganti. Langsung diganti 3.000 paket," ujar Wibagio.

Bantuan beras lima kilogram itu rencananya disalurkan kepada warga terdampak yang tidak menerima tiga jenis bansos lain, yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)/Kartu Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Penerima bantuan beras adalah pekerja sektor informal terdampak pandemi di Jawa dan Bali sekaligus cakupan area PPKM level 3-4.

Beras berkutu yang rencananya bakal disalurkan sebagai bansos kepada warga terdampak pandemi dan PPKM di Bangkalan langsung diganti setelah diketahui.
Sumber Antara