Pemkab Bangkalan Drop 27 Ton Air Bersih di 3 Kecamatan Kekeringan

Selasa, 27 Juli 2021 – 12:07 WIB
Pemkab Bangkalan Drop 27 Ton Air Bersih di 3 Kecamatan Kekeringan - JPNN.com Jatim
Pemkab Bangkalan melepas penyaluran bantuan air bersih di tiga kecamatan setempat yang mengalami kekeringan, Senin (26/7). Foto: www.bangkalankab.go.id

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Pada Senin (26/7), Pemkab Bangkalan mengedrop 27 ton air bersih ke tiga kecamatan terdampak kekeringan setempat, antara lain, Galis, Klampis dan Arosbaya.

"Hari ini, ada tiga armada berisi 6.000 liter dan dua lainnya berkapasitas 3.000 liter," kata Bupati Bangkalan, Madura, Jawa Timur, R Abdul Latif Amin Imron, mengutip laman pemkab setempat. 

Dia mengatakan pemkab sedianya menerima laporan kekeringan di 35 desa yang tersebar pada enam kecamatan Bangkalan.

"Kami mulai dari tiga kecamatan dahulu. Mudah-mudahan musim kemarau segera berlalu, sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapat air bersih," ujar bupati.

Pria yang akrab disapa Ra Latif itu menyampaikan pihaknya berencana mengecek dan meningkatkan prasarana penampungan air hujan atau embung di sejumlah kecamatan.

Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris menuturkan berdasarkan hasil pemetaan, ada 85 desa di 13 kecamatan setempat yang rawan kekeringan pada tahun ini.

"Kami melihat potensi tersebut dari hasil realisasi pengedropan tahun lalu," tutur Rizal.

BPBD Bangkalan pun mengalokasikan anggaran sebesar Rp 150 juta untuk bantuan air bersih yang rencananya disalurkan setiap hari. (mcr13/jpnn)

Pemkab Bangkalan mengedrop 27 ton air bersih ke tiga kecamatan terdampak kekeringan setempat, antara lain, Galis, Klampis dan Arosbaya.