Viral Simbol SOS Dekat Area Jatuh Sriwijaya Air, Ini Kata Roy Suryo

Rabu, 20 Januari 2021 – 18:55 WIB
Viral Simbol SOS Dekat Area Jatuh Sriwijaya Air, Ini Kata Roy Suryo - JPNN.com Jatim
Roy Suryo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Pakar telematika ,Roy Suryo, ikut menanggapi unggahan viral di media sosial terkait simbol SOS yang muncul di Pulau Laki, dekat area jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Roy Suryo menggunggah cuitan di media sosial twitter yang menjelaskan bahwa simbol SOS pencarian aplikasi Google Maps tdi Pulau Laki hanya ulah iseng oknum tak bertanggung jawab.

Roy Suryo juga turut menjelaskan sejumlah hoaks yang sering terjadi di media sosial seperti editan foto pesawat, suara angin yang dikira teriakan, dan potret 'merapi merekah'.

"Tweeps, setelah foto editan 'pesawat', suara angin yang dikira 'teriakan' dan editan 'Merapi Merekah', kini netizen heboh tanda 'SOS' di P. Laki via Google Maps," tulis Roy Suryo seperti dikutip JPNN.com, Rabu (20/2021)

Lebih lanjut, mantan Menpora itu mengungkapkan, adanya SOS di dekat tempat jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 bukan hal serius.

Sebab, beberapa hari lalu, kata dia tempat tersebut masih bertuliskan kalimat lain seperti "tukang sate" dan "wahana anak-anak".

"Ini jelas orang iseng. Karena 6 hari lalu tanda tersebut masih 'tukang sate' terus ganti 'wahana anak-anak' yang ramai di TikTok," kata Roy Suryo.

Mantan Politikus Demokrat itu pun lantas menyematan tangkapan layar foto dari Google Maps yang memperlihatkan foto Pulau Laki, tanda SOS, dan komentar publik.

Diketahui, di bagian selatan Pulau Laki, terdapat simbol hijau bertuliskan SOS.

Roy Suryo ikut menanggapi unggahan viral di media sosial soal simbol SOS yang muncul di Pulau Laki, dekat area jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News