Jelang Iduladha 2021, Pemkot Madiun Tinjau Kesehatan Hewan Kurban

Selasa, 13 Juli 2021 – 19:00 WIB
Jelang Iduladha 2021, Pemkot Madiun Tinjau Kesehatan Hewan Kurban - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pemkot Madiun mengintensifkan pemeriksaan hewan kurban jelang Iduladha 2021. (Antara Jatim/Diskominfo Kota Madiun/ Lr)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke sejumlah peternak dan penjual musiman yang ada di wilayah setempat.

Kepala Bidang Pertanian DKPP Kota Madiun Herman Prakoso mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan menjelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 20 Juli nanti.

"Pemeriksaan ternak sedianya rutin kami lakukan di peternakan di Kota Madiun. Namun, makin intensif menjelang Iduladha 2021," kata Herman, Senin (12/7).

Dia menjelaskan pemeriksaan dilakukan mencakup kondisi fisik dan fisiologis kurban, seperti umur dan kebersihan selama diternak.

"Kami mengecek apakah ternak cacat atau sakit," ujar Herman.

DKPP Kota Madiun telah menjadwalkan pemeriksaan lapangan untuk para penjual yang akan dilaksanakan pada pekan ini. Hanya saja, waktunya bergiliran karena dibatasi masa PPKM darurat.

Herman menerangkan secara umum kesehatan hewan kurban tidak terpengaruh kondisi pandemi. Meski demikian, dia meminta para peternak maupun penjual agar selalu menjaga kebersihan ternaknya.

Dia pun memaparkan mengingat masih pandemi, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan (prokes) yang harus diperhatikan.

Pemkot Madiun mengintensifkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di tingkat penjual dan peternak jelang Iduladha 2021.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News