3 Hotel di Jember Disiapkan Sebagai Lokasi Isolasi Pasien COVID-19

Selasa, 29 Juni 2021 – 22:24 WIB
3 Hotel di Jember Disiapkan Sebagai Lokasi Isolasi Pasien COVID-19 - JPNN.com Jatim
Hotel Kebonagung milik Pemkab Jember yang disiapkan untuk isolasi pasien COVID-19 Jember. (ANTARA/ HO - Pemkab Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Pemkab Jember, Jawa Timur menyiapkan tiga hotel sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

Bupati Jember Hendy Siswanto khawatir kapasitas di rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di wilayahnya kurang mencukupi. Hal itu mengingat tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) sudah mencapai 84 persen.

"Sehingga kami harus menyiapkan tempat cadangan untuk pasien yang terkonfirmasi positif," kat Hendy, Selasa (29/6).

Pemkab Jember akan menggunakan dua hotel dahulu, yakni Hotel Kebon Agung dan Jember Indah untuk tempat isolasi pasien COVID-19. Bila nantinya tak cukup, akan ditambah Hotel Bandung Permai.

"Kami berusaha untuk menyiapkan, sesuai ketentuan, yakni apabila BOR di rumah sakit sudah 70 persen, maka wajib disiapkan tempat cadangan," ujar dia.

Hendy pun mengimbau masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, terutama mewaspadai varian baru yang tak hanya rawan bagi lansia, melainkan anak-anak dan remaja di Jember.

"Taruhannya nyawa, sehingga masyarakat untuk waspada dan siaga terhadap penyebaran COVID-19 yang semakin tinggi di beberapa daerah, termasuk Jember," tutur dia.

Bupati menginstruksikan seluruh kepala desa/lurah, camat, dan RT/RW setempat untuk melokalisasi seluruh kegiatan masyarakat di wilayah mereka masing-masing.

Pemkab Jember, Jawa Timur menyiapkan tiga hotel sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 untuk mengantisipasi lonjakan kasus.
Sumber Antara