Gelombang Setinggi Lima Meter Berpotensi Hantam Jawa Timur Bagian Selatan

Kamis, 24 Juni 2021 – 16:07 WIB
Gelombang Setinggi Lima Meter Berpotensi Hantam Jawa Timur Bagian Selatan - JPNN.com Jatim
Lidah petir menjalar di langit Jakarta, Sabtu (1/4). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai hujan es, petir dan angin kencang diperkirakan terjadi pada sejumlah wilayah di Jakarta menjelang pancaroba. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pd. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di Indonesia, khususnya jawa timur.

BMKG memperkirakan wilayah Jawa Timur bagian selatan bakal dihantam ombak setinggi 4-5 meter.

“Gelombang tinggi juga diperkirakan menghantam daerah selatan Pulau Jawa lainnya, dan bagian barat Pulau Sumatra,” tulis BMKG mengutip dari laman resminya, Kamis (24/6).

Jawa Timur juga diprediksi bakal mengalami hujan lebat disertai angin kencang.

Prakiraan cuaca dari BMKG tersebut juga diperkirakan melanda sebagian wilayah Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, dan Jambi.

BMKG mengimbau warga yang tinggal di pesisir untuk memperhatikan ancaman gelombang tinggi.

Adapun sejumlah perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar diimbau untuk tidak ber.

Warga juga diminta berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem hujan lebat dan angin kencang yang berpotensi mengganggu perjalanan.

BMKG memperkirakan wilayah Jawa Timur bagian selatan bakal dihantam ombak setinggi 4-5 meter.